Cara Mengatasi Burung Cipoh Macet Bunyi Paling Ampuh

oleh -2 views
Cara Mengatasi Burung Cipoh Macet Bunyi Paling Ampuh
Cara Mengatasi Burung Cipoh Macet Bunyi Paling Ampuh

Cara Mengatasi Burung Cipoh Macet Bunyi  РSirtu/Cipoh termasuk burung yang sensitif dan rawan stress yang sanggup berakibat hingga macet bunyi. Jika Sirtu/Cipoh hingga mengalami stress dan macet bunyi, maka agak susah dan membutuhkan waktu cukup usang untuk memulihkannya biar gacor lagi.

Faktor Penyebab Cipoh Macet Bunyi Dan Cara Mengatasinya

Ada banyak faktor yang sanggup menimbulkan Sirtu/Cipoh macet bunyi, antara lain:

Over Birahi (OB)

Ciri-ciri Sirtu/Cipoh yang dalam kondisi over birahi (OB) biasanya bertingkah manja/miyik, dan umumnya pada Sirtu/Cipoh yang jinak maka dikala dicetreki bukannya bunyi tapi malah membuatkan bulu-bulunya (nyekukruk) dan sayapnya ngleper serta paruh hanya mangap-mangap saja tanpa bersuara.

Jika Sirtu/Cipoh bertingkah ibarat itu kemungkinan besar burung tersebut mengalami over birahi (OB). Kondisi tersebut biasanya disebabkan lantaran proteksi ekstra fooding (EF) yang hiperbola dan tidak teratur.

Cara Menangani Burung Cipoh Yang Over Birahi

  • Asingkan/jauhkan Sirtu/Cipoh dari burung-burung lain yang gacor terutama dari keberadaan Sirtu/Cipoh jantan lain yang gacor.
  • Embunkan Sirtu/Cipoh setiap pagi untuk menghirup udara segar dan menikmati suasana pagi.
  • Mandikan Sirtu/Cipoh setiap hari sekitar jam 07.00 atau jam.08.00 pagi.
  • Jemur Sirtu/Cipoh selama 1-2 jam secara rutin setiap hari.
  • Kurangi porsi proteksi ekstra fooding (EF) ibarat jangkrik, ulat hongkong (UH), ulat sangkar (UK) dan juga kroto.
  • Berikan vitamin khusus untuk burung kicau yang dicampurkan pada air minumnya seminggu dua kali.
  • Gantang Sirtu/Cipoh didekat bunyi gemercik air untuk relaksasi dan memancingnya untuk buka suara.

Baca Juga : Ciri-Ciri Perbedaan Cucak Keling Jantan Dan Betina

Drop Mental

Penyebab Sirtu/Cipoh drop mental biasanya lantaran kalah dikala ditrek/di langgar dengan Sirtu/Cipoh lain yang lebih dominan. Bisa juga lantaran dalam penempatannya sering dijejer/berdekatan dengan Sirtu/Cipoh jantan lain yang gacor sehingga menyebabkannya tertekan dan berakibat macet bunyi.

Cara menangani Burung Cipoh Yang Drop Mental:

Untuk penanganan Sirtu/Cipoh yang drop mental caranya sama dengan penanganan Sirtu/Cipoh yang over birahi (OB), hanya bedanya pada porsi proteksi ekstra fooding (EF) saja.

Jika pada Sirtu/Cipoh yang over birahi (OB) porsi proteksi ekstra fooding (EF) dikurangi, maka pada Sirtu/Cipoh yang mengalami drop mental porsi proteksi ekstra fooding (EF) ibarat jangkrik, ulat hongkong (UH), ulat sangkar (UK) dan kroto justru perlu diberikan lebih banyak dari porsi hariannya.

Kurang gizi

Sirtu/Cipoh yang kurang gizi atau sakit cenderung tidak aktif dan malas berkicau, bahkan jikalau didekati atau digoda tidak merespon. Bulu-bulunya juga menjadi gampang rontok, kusam, dan nyekukruk. Badan kurus hingga dadanya nyilet.

Hal itu sanggup disebabkan lantaran proteksi pakan yang tidak berkualitas dan biasanya terjadi pada Sirtu/Cipoh yang hanya diberikan voer saja sebagai pakannya tanpa diberikan ekstra fooding (EF).

Cara menangani Burung Cipoh yang kurang gizi:

  • -Segera berikan ekstra fooding (EF) yang gampang dicerna ibarat ulat hongkong (UH) yang masih berwarna putih (baru ganti kulit), penggalan perut jangkrik atau belalang, kroto segar satu sendok makan setiap harinya. Agar kondisinya cepat pulih, sebaiknya ekstra fooding (EF) diberikan sekenyangnya.
  • Berikan vitamin khusus untuk burung kicau yang dicampurkan pada air minumnya dua kali seminggu.
  • Untuk sementara Sirtu/Cipoh tidak perlu dimandikan hingga kondisinya pulih.
  • Jemur Sirtu/Cipoh selama 1-2 jam rutin setiap harinya.
  • Gantamg Sirtu/Cipoh ditempat yang hening dan sejuk.

Baca Juga : Inilah Keistimewaan Murai Batu (Mb) Blorok Yang Perlu Kamu Tahu

Nah itulah sedikit ulasan mengenai Tips Bagaimana Cara mengatasi Sirtu/Cipoh macet bunyi“. Untuk “pembahasan lain seputar Sirtu/Cipoh, kunjungi terus sumberinformasi.org

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.